Bisnis Online Sedang Tengah Gempuran Persaingan Yang Tinggi : Siapa Yang Akan Bertahan?
Menurut saya pribadi, fenomena gulung tikar oleh e-commerce besar yang terjadi di Indonesia, yang salah satunya ialah BukaLapak dengan menutup layanan marketplace untuk jual beli produk fisik pada bulan Januari 2025. Menunjukkan bahwa dunia bisnis e-commerce khususnya untuk bisnis online yang ada Indonesia sedang menghadapi tantangan yang lumayan serius. Penutupan ini dapat menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai masa depan e-commerce untuk kedepannya terutama karena persaingan antarplatform semakin ketat.
Walaupun begitupun, menurut saya pribadi meyakini bahwa
potensi perkembangan bisnis online yang ada di Indonesia masih lumayan cukup
besar. Hal ini dikarenakan kebutuhan oleh masyarakat terhadap layanan digital
dan belanja daring terus meningkat di Indonesia bedasarkan data yang saya lihat
di berita. Bisnis online yang bisa mampu membaca arah pasar kemana, dapat
beradaptasi dengan perubahan yang ada serta dapat meningkatkan kualitas layanan
akan dapat bisa mempunyai peluang yang besar untuk berkembang lebih tinggi
untuk sukses di e-commerce di Indonesia saat ini.
Faktor-faktor yang sangat penting untuk memengaruhi
kelangsungan bisnis online ke depannya ialah antara lain kemampuan untuk
berinovasi, kemampuan memahami perilaku konsumen serta kemampuan menghadapi
persaingan dengan strategi yang matang dan tepat. Tutupnya salah satu
e-commerce besar ini bukan berarti industri ini akan mati, tetapi menjadi
pengingat bagi kita bahwa setiap pelaku usaha harus terus bergerak maju dan
beradaptasi diri dengan dinamika pasar yang terus berkembang.
Link data dari berita : https://www.cnbcindonesia.com/research/20250226183106-128-613957/warga-ri-makin-demen-belanja-online-nilainya-ribuan-triliun#:~:text=Menteri%20Perdagangan%20Budi%20Santoso%20memproyeksikan,6%20juta%20pada%20tahun%20lalu.
Komentar
Posting Komentar